Beberapa Jenis Pijat dan Manfaat-Manfaatnya

Ketika datang pemikiran relaksasi, pijat pasti yang pertama kali Anda tuju. Akan tetapi, pijat tidak hanya sekedar untuk bersantai, namun juga kunci untuk hidup lebih sehat.
Bagi orang awam setiap pijatan itu sama. Padahal, setiap pijatan dapat diterjemahkan berbeda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis pijat beserta manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Berikut 4 jenis pijat dan manfaatnya

1. Thai massage 

Thai massage merupakan pijatan ala negara Thailand. Ada yang menyebutkan bahwa Thai massage seperti halnya Anda sedang melakukan yoga. Sebab, teknik memijat yakni dengan cara digerakkannya tangan, lutut dan kaki Anda guna merdakan ketegangan otot serta membuka sendi dan merangsang akupresur. Thai massage tidak memerlukan minyak, dan biasanya dilakukan di atas lantai yang digelar tikar.

Manfaat:
– Membantu dalam kompresi otot dan mobilisasi sendi
– Mengurangi stres
– Meningkatkan sirkulasi darah
– Meningkatkan energi dan fleksibilitas

2. Swedish Massage 

Berlawanan dengan pijat ala Thailand, pijat Swedia memakai lima teknik utama memijat seperti membelai, meremas, hingga menggosok. Sebagian besar Swedish Massage dilakukan berbaring dengan tujuan untuk merilekskan seluruh tubuh. Minyak esensial atau lotion wajib ada dalam proses pemijatan ini. Jangan lupa, untuk mandi dengan air hangat setelahnya agar merasa lebih segar.
Manfaat:
 
– Meningkatkan tingkat oksigen dalam darah
– Mengurangi racun otot
– Meningkatkan sirkulasi darah
– Mengurangi tingkat stres dan membantu Anda bersantai

3. Deep Tissue Massage 

Seperti namanya, pijat ini berfokus pada lapisan lebih dalam pada jaringan otot dan saraf. Deep Tissue Massage lebih mengandalkan siku, buku-buku jari dan tinju ketika mengaplikasikannya untuk meluruhkan racun dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk meminum banyak air setelah melakukan proses pemijatan.
Manfaat:
 
– Melemaskan otot-otot
– Membantu mengelola rasa sakit
– Menurunkan tekanan darah
– Mengurangi stres

4. Shiatsu 

Meskipun tidak diketahui banyak orang, Shiatsu merupakan pijat dengan fokus pada tekanan jari. Para ahli mengatakan itu sama efektifnya dengan akupresur. Dalam Shiatsu, energi akan beredar di sepanjang saluran dalam tubuh. Jenis pijatan ini sangat efektif dalam kondisi sulit tidur, gangguan pencernaan, sendi bengkak hingga sakit kepala.
Manfaat:
 
– Meningkatkan aliran energi positif
– Mengurangi nyeri otot dan nyeri akibat luka
– Membantu insomnia
– Membantu penyembuhan sindrom pramenstruasi
– Membantu penyembuhan depresi.
BERIKAN KOMENTAR KAMU DI SINI

Subscribe to receive free email updates: